Teknologi Informasi Multimedia
A.
PENGERTIAN MULTIMEDIA
Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi
berarti banyak dan media berarti perantara. Multimedia adalah sebuah media dan
konten yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah ini dapat
digunakan sebagai kata benda (sebuah media yang berisi gabungan dari beberapa
bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki
beberapa bentuk konten. Istilah ini berbeda dengan media yang hanya menggunakan
bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau produksi tangan. Multimedia
termasuk kombinasi bentuk konten dari teks, audio, gambar diam, animasi, video,
dan interaktivitas. Dengan kata lain, multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dapat
didefinisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia
communication.
1.
Multimedia Content Production
Multimedia content production adalah penggunaan
beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang
berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia
seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga
dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan
untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori
ini media yang digunakan berupa media
teks/tulisan, media
audio/suara, media
video, media animasi, media gambar, media interaktif dan media spesial effect.
2.
Multimedia Communication
Multimedia communication adalah penggunaan media
(massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk
mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media
yang digunakan berupa televisi, radio, film, media cetak, music, game, entertainment, tutorial dan internet.
B.
KONSEP MULTIMEDIA
Multimedia merupakan
kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu
aplikasi multimedia pemakai/pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk
mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan
interactive multimedia. Apabila
dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung
yang dapat dikendalikan oleh pengguna,
maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi
multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa
menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut
untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki
kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang
membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut multimedia developer.
Semua pesan-pesan, perangkat lunak dan makna yang dipresentasikan oleh komputer
atau layar televisi disebut multimedia project. Jika suatu multimedia
dipasarkan kepada masyarakat,
biasanya dalam bentuk kotak atau pembungkus khusus dengan atau tanpa instruksi
disebut multimedia title. Bukan suatu keharusan bagi suatu multimedia untuk
membuat sarana interactive bagi pemakai/pengguna agar disebut dengan
multimedia. Pemakai/pengguna dapat duduk dan menyaksikan sebagaimana mereka
menyaksikan televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi linear, mulai dari
awal dan berjalan hingga akhir. Ketika pemakai/pengguna diberikan kendali/navigasi
untuk menjelajah isi project, project menjadi Nonlinear dan Interactive, dan
project menjadi pintu gerbang informasi pribadi yang amat menarik.
Untuk menentukan bagaimana pemakai/pengguan akan
berinteraksi dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus
pada informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan
Storyboarding menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya.
Elemen-elemen dari multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan authoring
tools. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga
dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video
Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau
video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam authoring system untuk
dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan
disebut human interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang
menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut multimedia
platform atau environment.
Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen
multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat
diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk
aslinya dalam dunia sebenarnya. Jadi diharapkan multimedia bisa menjadi media
untuk mempermudah aktifitas yang dilakukan manusia, seperti:
- Mengubah mengubah
tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung
teleworking/telecommuting: Netmeeting!
- Mengubah cara belanja.
Homeshopping/Teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian
barang datang dengan sendirinya.
- Mengubah cara bisnis.
Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual
beli online, bank menggunakan cara online-banking.
- Mengubah cara
memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software
untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi
- Mengubah cara belajar.
Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
C.
MULTIMEDIA DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Dunia pendidikan adalah dunia yang paling
membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa
dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya.
Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam
aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari,
kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan
gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat
dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain
karena merasa tertarikakanmedia penyajiannya. Anak-anak usia pra-sekolah dan TK
(Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat keuntungan dari teknologi ini. Pada usia
ini anak lebih tertarik kepada gambar dan suara. Dengan bimbingan guru dan
orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih luas dan imajinasi merekapun akan
lebih berkembang. Singkat kata teknologi multimedia dapat memberikan arti baru
bagi dunia pendidikan.
D.
MULTIMEDIA DALAM PENGGUNAAN UMUM
Tujuan dari penggunaan multimedia di antaranya,
Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian
suatu informasi, penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong
partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, aplikasi
multimedia dapat merangsang panca indera dan perasaan penerimanya, karena
dengan penggunaannya multimedia akan merangsang beberapa indera penting
manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam
pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam
hal belajar. Dalam hal ini secara khusus bagi masyarakat awam.
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang
juga ilmu dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam
kehidupan sehari-hari, internet
telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang
terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet
mendefinisikan ulang arti dari iklan dalam tulisan biasa. Iklan internet
merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau
sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi
layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga
kita dapat menonton televisi tanpa membayar. Multimedia mengubah cara orang
berbelanja. Dari pada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh
barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri
di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda
berbelanja dari rumah.
Menurut Sutopo (2003:22), Multimedia dapat digunakan
untuk bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk
mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta
elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini
digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari
penggunaan multimedia adalah sebagai berikut :
- Multimedia dalam
penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
- Penggunaan multimedia
dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi
pengguna tersebut.
- Aplikasi multimedia
dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan
meransang beberapa indera penting manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran,
aksi maupun suara.
- Multimedia dalam
penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
- Penggunaan multimedia
dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi
pengguna tersebut.
- Aplikasi multimedia
dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan
meransang beberapa indera penting manusia, seperti: Penglihatan, pendengaran,
aksi maupun suara.
- Multimedia memiliki
banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari dalam segala bidang, seperti bidang
pendidikan, bidang industri, bidang kesehatan dll. Baik untuk pekerjaan,
kegiatan di rumah, hiburan atau lain sebagainya.
Sumber :
http://elektroengineering.blogspot.co.id/2013/03/internet-based.html
https://yanuirdianto.wordpress.com/2016/03/04/konsep-dasar-teknologi-informasi-multimedia/
http://duniatp.blogspot.co.id/2015/03/peranan-multimedia-dalam-pembelajaran.html
https://webpelajar.com/usaha-lulusan-multimedia/
Di sekian banyak blog yg saya buka, akhirnya saya menemukan blog ini. Terimakasih kak untuk blog yg kakak bagikan ini, dgn blog ini membantu saya menyelesaikan tugas saya. Sukses terus kak 😊
BalasHapusNama : Noviasari
Nim : 1922500219
Kelompok : SI2J
Link Kampus : https://www.atmaluhur.ac.id/